Setya Novanto Terancam Hukum Penjara 16 Tahun Di Nilai Hukuman Ringan

by
Setya Novanto Terancam Hukum Penjara 16 Tahun Di Nilai Hukuman Ringan
Setya Novanto Terancam Hukum Penjara 16 Tahun Di Nilai Hukuman Ringan

Cerita Sex – Tuntutan 16 tahun penjara untuk Setya Novanto dinilai masih menyimpan misteri. Dosen Hukum Universitas Al-Azhar Indonesia Supandji Ahmad menyebut tuntutan itu masih rendah dibandingkan Akil Mochtar atau Luthfi Hasan Ishaaq.

Setya Novanto Terancam Hukum Penjara 16 Tahun Di Nilai Hukuman Ringan

“Tuntutan ini masih misterius karena tidak komprehensif dugaan pidananya dan ditindaklanjuti fakta persidangannya,” ucap Supandji dalam keterangannya, Jumat (30/3/2018).

“Tuntutan terhadap tindak pidana korupsi Setnov (Setya Novanto) belum maksimal jika dibandingkan dengan pelaku korupsi seperti Akil Mochtar, Luthfi Hasan yang tuntutannya sangat berat, bahkan Akil divonis seumur hidup,” imbuh Supandji.

Selain itu, Supandji berharap ada jeratan tindak pidana pencucian uang untuk Novanto. Supandji juga menyoroti keterangan Novanto saat pemeriksaan terdakwa yang menuding sejumlah orang termasuk Puan Maharani dan Pramono Anung sebagai penerima uang e-KTP.

“Keterangan terdakwa Setnov merupakan fakta persidangan yang tentunya mengarah pada suatu kebenaran. Jika apa yang disampaikan tidak benar atau palsu jelas sangat berisiko karena bisa memperberat pidananya dan bertentangan dengan niatan Setnov untuk menjadi justice collaborator,” ucap Supandji.

Dia mendorong KPK dapat aktif mengecek hal itu agar kebenarannya tersampaikan secara terang benderang. Hal itu menurutnya penting agar pengusutan kasus itu tidak antiklimaks.

“Tidak diprosesnya keterangan (Setya Novanto soal penerimaan lain) ini paling tidak dapat menimbulkan adanya dugaan tebang pilih dan juga berdampak negatif kepada yang bersangkutan karena bisa muncul berbagai fitnah. Ya nyanyian itu harus ditindaklanjuti dan menjadi bagian dari uraian dalam tuntutan dan putusannya,” ucap Supandji.

Novanto dituntut hukuman pidana penjara selama 16 tahun dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan. Tak hanya itu, Novanto diminta membayar uang pengganti sekitar USD 7,4 miliar dikurangi pengembalian uang Rp 5 miliar yang telah diterima KPK serta dicabut hak politiknya selama 5 tahun.