Bripda Suci Amalia, Polwan Cantik yang Berhasil Kalahkan Rasa Takut Saat Bertugas

by

Liputan6.com, Depok, Jawa Barat  

Profesi polisi wanita (polwan) dianggap sebagai salah satu pekerjaan yang berat dan sulit bagi perempuan. Ada bayang-bayang rasa takut dicelakai saat bertugas di lapangan saat malam hari. Namun, rasa takut ini berhasil ditepis Brigadir Dua (Bripda) Suci Amalia. Tidak perlu takut saat bertugas di lapangan. Tidak perlu mikir macam-macam soal bahaya. Insha Allah aman, ujar polwan cantik, 23 tahun, yang tergabung dalam Tim Jaguar Polres Kota Depok, Jawa Barat.

Bripa Suci mulai bergabung di Tim Jaguar pada Maret 2016. Ketika diwawancarai khusus Health-Liputan6.com, ia mengakui, pertama kali diterjunkan ke lapangan memang ada rasa takut saat menghadapi orang-orang yang perlu ditindak, seperti anak-anak perempuan yang suka keluyuran di malam hari atau menertibkan geng motor.

“Takut saja. Ya… Namanya orang jahat. Mereka tidak memandang kita laki-laki atau perempuan. Tidak juga memandang, kita anggota polri atau bukan. Di mata mereka, kita adalah musuh. Di sini (Tim Jaguar), semua anggota tim termasuk solid dan perhatian. Saya merasa terlindungi sampai sekarang,” ucap Bripda Suci.

Untuk mengatasi rasa takut yang sempat dirasakan. Pikiran tanggungjawab tertanam di benaknya. Sebagai polwan perlu mengabdi ke masyarakat. Apapun yang dilakukan harus penuh keberanian dan melawan rasa takut. Kalau polwan itu takut, maka pekerjaan menjadi berantakan.

Ini akan  menganggu pekerjaan sehari-hari. Jika menjalani pekerjaan serba takut, maka jadi tidak berani. Pada intinya, perempuan tak perlu berpikir soal bahaya dan yakin keamanan terjamin.

Motivasi mengusir rasa takut tak hanya terkait tanggungjawab pada pekerjaan saja. Bripda Suci selalu teringat keluarga di rumah. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini bersemangat karena dukungan keluarga. Orang jahat itu punya keluarga. Bripda Suci menginginkan anak-anak, terutama perempuan muda yang keluyuran di malam hari itu berbahaya.

Hal ini yang membuat motivasi Bripda Suci bekerja dengan baik. Ia berharap, anak-anak generasi penerus bangsa bisa lebih benar saja pergaulannya.

Let’s block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/health/read/3013357/bripda-suci-amalia-polwan-cantik-yang-berhasil-kalahkan-rasa-takut-saat-bertugas