Bahaya Besar yang Mengintai Perenang yang Gemar Merokok

by

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan merokok dapat memengaruhi perenang. Kemampuan atlet saat latihan akan berkurang. Tenaga yang akan dikerahkan tidak maksimal, menurut studi penelitian yang diterbitkan European Journal of Cardiovascular Prevention and Rehabilitation edisi Oktober 2007.

Mantan atlet renang legendaris nasional, Richard Sam Bera menjelaskan, merokok buat perenang sebenarnya bukan dilarang, tapi ada efek yang memengaruhi tubuh atlet.

“Itu (rokok) aka memengaruhi daya kinerja paru-paru. Apalagi di olahraga renang, yang pada umumnya mengandalkan kinerja paru-paru. Ini juga terkait volume oksigen di paru-paru,” jelas Richard usai konferensi pers “The Color Run presented by CIMB Niaga” di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, ditulis Selasa (31/7/2018).

Kebiasaan merokok akan menyebabkan hilangnya elastisitas paru-paru dan penurunan volume paru-paru. Kapasitas oksigen juga menurun karena peradangan dan degradasi (kerusakan) jaringan elastis.

Simak video menarik berikut ini:

Beredar video yang menunjukkan aksi tak terpuji seorang pria saat berkunjung ke Batu Secret Zoo, Malang. Pria tersebut meniupkan asap rokok elektrik (vape) pada seekor primata.

Let’s block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/health/read/3605275/bahaya-besar-yang-mengintai-perenang-yang-gemar-merokok