Foto Dengan Bendera Robek, Nadine Chandrawinata Terancam Hukum Pidana

by
Foto Dengan Bendera Robek, Nadine Chandrawinata Terancam Hukum Pidana
Foto Dengan Bendera Robek, Nadine Chandrawinata Terancam Hukum Pidana

Dominoqq – Nadine Chandrawinata mengunggah foto dirinya sedang mengibarkan bendera merah putih yang robek. Akibat unggahan itu, Nadine mendapatkan banyak kritikan pedas dari netizen.
Bukan hanya kritikan dari netizen, Nadine juga terancam hukuman pidana.

Memang di Indonesia ada hukum yang mengatur mengenai Undang-Undang Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Pada Pasal 24 UU tersebut, diatur soal apa yang dilarang terhadap bendera Merah Putih, salah satunya mengibarkan bendera negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam. Hukumannya adalah 1 tahun penjara ataupun denda Rp. 100 Juta.

Akibat banyaknya kritikan terhadap foto yang di unggahnya, Nadine pun memberikan penjelasan. Menurutnya, saat itu, dirinya dan rombongan pergi ke Wayag. Sampai di atas Wayag, mereka tidak membawa bendera dan hanya di temukan bendera yang lusuh dan robek. Jadi dirinya mengunggah foto dengan bendera itu. Nadine bukan dengan sengaja merobek bendera. Nadine juga meminta publik lebih teliti saat melihat bendera yang di unggahnya. Warna bendera itu sudah pudar.

NadineĀ  mengatakan, saat itu dirinya tidak berpikir soal Undang-Undang. Dirinya hanya melihat bagaimana bendera lusuh itu berdiri kokoh walau di terpa angin dan hujan.

loading...