5 Hal Sepele yang Bikin Pasangan Muda Sering Bertengkar

by

Liputan6.com, Jakarta Menjadi orangtua bukanlah perkara mudah. Terutama ketika Anda dan pasangan baru saja menyandang status ayah dan ibu. Begitu bayi lahir ke dunia tak hanya suka cita yang didapat, melainkan juga tanggung jawab dalam mengurus anak. Tugas orangtua yang sebenarnya baru saja dimulai.

Pada prosesnya, Anda akan tiba di titik genting ketika suara tangis bayi tak lagi terdengar manis dan bau popok kotor akan membuat mual. Jangan kaget jika Anda mulai menghitung berapa kali pasangan mengabaikan anak yang menangis di malam hari saat Anda mengganti popok.

Bukan tak mustahil situasi itu perlahan akan membawa Anda dan pasangan pada perselisihan. Tepatnya ketika Anda akan lebih mudah menunjukkan amarah dan rasa lelah ketimbang perhatian pada pasangan. Inilah yang membuat percekcokan sering kali muncul dalam rumah tangga.

Berikut adalah beberapa masalah yang seringkali muncul saat seseorang baru menyandang status ayah dan ibu:

1. Berbagi tamggung jawab

Seperti halnya hubungan lain, peran sebagai orangtua juga menuntut pembagian tanggung jawab. Tetapi ketika salah satu orangtua bekerja dan yang lainnya adalah ibu atau ayah yang tinggal di rumah, maka akan ada saat-saat ketika mereka akan memperdebatkan siapa yang harus melakukan apa.

Mereka yang tinggal di rumah bersama anak akan menanggung pengasuhan anak di pundaknya dan juga pekerjaan rumah, sedangkan yang bekerja seringkali lupa akan tanggung jawab anak di rumah serta pekerjaan rumah tangga. Bagitu juga sebaliknya, mereka yang mengasuh seringkali merasa jika pasangannya tak peduli dengan dirinya yang lelah dalam mengurus rumah tangga. Hal-hal seperti inilah yang sering membuat para orangtua baru kaget dalam pembagian tanggung jawab.

2. Kehidupan sosial

Tidak jarang pasangan orangtua baru cekcok karena kurangnya kehidupan sosial. Sangat jelas bahwa ketika seseorang tinggal di rumah untuk mengurus si kecil, kehidupan sosialnya akan terhenti. Awalnya, kurangnya kehidupan sosial mungkin tidak tampak seperti masalah, tetapi ketika satu pasangan tidak memilikinya, sementara yang lain memiliki kehidupan sosial yang baik, maka perselisihan pun tidak dapat lagi dihindari.

Let’s block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/health/read/3630362/5-hal-sepele-yang-bikin-pasangan-muda-sering-bertengkar

loading...