Susu Jenis Ini Cocok untuk yang Bobot Tubuhnya Berlebih

by

Liputan6.com, Jakarta Ketimbang mengonsumsi susu segar, mereka yang mengalami berat badan berlebih sebaiknya mengonsumsi susu skim, menurut Ilmuwan nutrisi Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD.

“Pada orang gemuk, kalori yang masuk lebih banyak dari kalori yang keluar, berat badan jadi meningkat, lebih baik minum skim milk,” tutur dia dalam peluncuran susu UHT Greenfields kemasan kecil di Jakarta, Jumat.

Ilmuwan yang mendapatkan gelar doktor bidang nutrisi dari University of Alabama Birmingham, Amerika Serikat itu menuturkan kandungan kalori pada susu skim lebih rendah daripada susu segar, sehingga bisa membantu mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Segelas (sekitar 200 ml) susu utuh mengandung 130 kalori, 8 gram lemak. Sementara susu skim hanya memiliki 66 kalori, 0,2 gram lemak.

Sementara untuk kandungan zat gizi lainnya semisal protein dan kalsiumnya relatif sama di antara keduanya.

Untuk porsi harian susu, Matthew menyarankan dewasa mengonsumsi 2-3 gelas (ukuran 250 ml), sementara anak-anak 2 gelas per hari.

Selain memperhatikan asupan makanan terutama susu, mereka yang mengalami berat badan berlebih, sebaiknya juga rajin berolahraga agar berat badannya bisa normal. (Antara/Lia Wanadriani Santosa)

Let’s block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/health/read/3645401/susu-jenis-ini-cocok-untuk-yang-bobot-tubuhnya-berlebih