Tips untuk Kamu yang Sedang Menyusui saat Puasa

Tips untuk Kamu yang Sedang Menyusui saat Puasa

Berpuasa apalagi yang wajib seperti di bulan ramadhan harus dilakukan oleh seluruh umat Islam tidak terkecuali ibu hamil dan menyusui. Namun Allah tetap memberikan keringanan kepada mereka dengan bisa membayar qadha (berpuasa di lain waktu) atau fidyah (membayar dalam bentuk makanan atau uang).

Untuk sahabat iniseru.com kali ini kami akan memberikan sedikit informasi mengenai tips berpuasa bagi ibu menyusui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita baik untuk menjalankan puasa sunnah atau puasa wajib. Selamat menyimak yaa.

Berpuasa bagi ibu menyusui bagi beberapa orang dianggap sangat sulit. Seperti kita ketahui bahwa ASI dihasilkan dari asupan makanan yang dimakan oleh sang ibu. Jika apa yang dimakan oleh si ibu berkurang, maka ASI juga akan turut berkurang. Bagi sahabat yang sedang menyusui dan hendak berpuasa Kamu bisa mencobanya dulu apakah kuat atau tidak. Beberapa orang menjadi pusing setelah menyusui karena asupan lemak dan gula darahnya ikut turun. Jika hal ini terjadi sebaiknya kamu beristirahat sejenak seperti tiduran. Namun jika tak membaik maka lebih baik berbuka.

Menyusui sambil berpuasa memang lebih baik bagi mereka yang memiliki anak berusia di atas 6 bulan, karena di usia ini anak sudah bisa diberi asupan makanan lain sehingga intensitas menyusui berkurang. Tapi tak menjadi halangan bagi sahabat yang memiliki bayi di bawah 6 bulan.

Berikut 4 Tips untuk Kamu yang Sedang Menyusui saat Puasa yang bisa kamu ikuti untuk tetap berpuasa disaat menyusui.

1. Makan tiga kali sehari

Tetaplah makan sehari 3x. Berpuasa bukan berarti Anda hanya makan sedikit. Kita hanya perlu menggeser jam makan dari jam biasa. Makanlah ketika berbuka, menjelang tidur dan di saat sahur dengan waktu yang diakhirkan.

2. Penuhi asupan gizi

Penuhi asupan gizi saat makan seperti 50% karbohidrat, 30% protein dan 20% untuk lemak serta asupan lain. Ibu menyusui membutuhkan tambahan sekitar 700 kalori perhari, 500 kalori diambil dari makanan ibu dan 200 kalori diambil dari cadangan lemak dalam tubuh sang ibu. Oleh sebab itu, penting kamu yang sedang berpuasa untuk tetap mempertahankan pola makan 3x sehari dengan menu gizi seimbang.

3. Perbanyak Konsumsi cairan

Perbanyak mengkonsumsi cairan. Usahakan selama dari waktu berbuka hingga saur (9 jam) Anda tetap minum 8 gelas perhari. Untuk menambah asupan Anda bisa mengkonsumsi susu, jus atau teh hangat. Minum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil dan menyusui. Anemia adalah berkurangnya kadar hemoglobin (Hb) dalam darah. Berbuka puasa dengan minum minuman hangat, akan merangsang kelancaran ASI bagi ibu menyusui.

4. Istirahat cukup

Usahakan tetap beristirahat cukup agar penyerapan makanan dan minuman sempurna. Bersitirahatlah sejenak, apakah dengan cara tidur atau sekadar relaks menenangkan pikiran. Bahwa semakin sering payudara dihisap oleh bayi, maka produksi ASI akan semakin banyak. Jadi, bila selama puasa ibu tetap rajin menyusui, ASI akan tetap lancar.

Itulah 4 Tips untuk Kamu yang Sedang Menyusui saat Puasa dari kami semoga bisa bermanfaat ya.

Baca juga : Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *